Profil Direktorat Kerjasama dan Entrepreneurship

| 07-06-2015   12:14:47 WIB

 

Direktorat Kerjasama dan Entrepreneurship (DKE) adalah satu unit kerja di bawah Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) yang didirikan untuk menjawab berbagai tantangan multimedia yang memiliki keterkaitan dengan implementasi Tridarma Perguruan Tinggi di UUI. Direktorat ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor UUI No.

Pembentukan DKE ini sangat strategis bagi UUI, terutama dalam meralisasikan strategi internasionalisasi yang mulai aktif dijalankan selama empat tahun terakhir. Direktorat ini membawahi dua divisi, yaitu Divisi Kerjasama dan Divisi Entrepreneurship. Kedua divisi tersebut menjadi tumpuan DKE dalam menjalankan fungsinya dalam merealisasikan berbagai program untuk mencapai tujuan dan sasaran DKE sebagai unit kerja dan memberikan kontribusi signifikan pada pencapaian visi UUI sebagai institusi, yaitu Menjadi World Class Cyber University (WCCU) dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kuatnya pusaran arus globalisasi dunia dewasa ini telah menjadi magnet terkuat dalam menyeret segala aspek untuk ikut masuk ke dalamnya, termasuk dunia pendidikan tinggi. Harus diakui bahwa perubahan-perubahan revolusioner dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menjadi satu jembatan penting dalam menghubungkan beragam adalah pendorong dan juga pemudah bagi mulusnya perjalanan untuk saling terkoneksi antarpengguna di daerah, nasional maupun lintas batas negera.

Dalam penyelenggaraan kerjasama perguruan tinggi, pemerintah telah menyusun satu regulasi yang menjadi payung hokum bagi penyelengaraan kerjasama di tingkat perguruan tinggi, yaitu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 14 tahun 2014 tentang Kerjasama Perguruan Tinggi. Kerjasama sama tersebut meliputi bidang akademik dan/atau nonakadademik dengan perguruan tinggi lain, dunia usaha dalam dan luar negeri, baik melalui cara permintaan maupun penawaran. Penyelenggaraan kerjasama juga harus mengacu pada statute dan rencana strategis masing-masing universitas (Permendikbud No.14/2014).

Keberadaan Direktorat Kerjasama dan Entrepreneurship (DKE) Universitas Ubudiyah Indonesia saat ini tidak terlepas dari keberadaan Badan Kerjasama dan Entrepreneurhsip yang sudah terbentuk pada tahun 2013. Ketika itu BKE menjadi lembaga yang berwenang mengelola berbagai program kerjasama baik yang merepresentasikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) maupun Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Ubudiyah.

Terbitnya Surat Keputusan Mendikbud RI pada 29 April 2014 tentang Penggabungan STIKes dan STMIK Ubudiyah menjadi Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI), menjadi tonggak sejarah tersendiri yang kemudian mengubah nama Badan Kerjasama dan Entrepreneurship menjadi Direktorat Kerjasama dan Entrepreneurship UUI.